Abdimas Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNITA Bahas Tes Skolastik di SMA N 1 Pollung

Program Studi (Prodi) Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (UNITA) menggelar Pengabdian Masyarakat (Abdimas) di SMA Negeri 1 Pollung, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Kamis (2/2).

Kegiatan Abdimas yang digelar ini membahas tentang, tes skolastik literasi dalam Bahasa Indonesia dan kegiatan ini juga melibatkan para pelajar SMA Negeri 1 Pollung kelas XII sekaligus mengikuti tes skolastik sebanyak 20 soal dengan durasi waktu 40 menit.

“Kegiatan ini dinilai sangat penting untuk para pelajar karena tes ini memberikan informasi terhadap sekolah yang bersangkutan mengenai potensi belajar siswanya,” ucap Ketua Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Dr Tanggapan C Tampubolon MPd sebagaimana dalam rilis berita yang diterima SIB, Minggu (5/2).

Menurutnya, tes skolastik bisa digunakan dalam logika verbal dan kemampuan siswa dalam mengorganisasi informasi untuk menyelesaikan masalah secara sistematis, bahkan sangat bermanfaat untuk memprediksi kemampuan para siswa jika berkesempatan melanjutkan studi ke jenjang Perguruan Tinggi (PT).

Oleh karenanya ia berharap dengan pelaksanaan kegiatan itu, para tim Abdimas bisa memprediksi kemampuan para pelajar dalam bidang pendidikan terkhusus memahami bacaan.

Setelah acara dimulai para pelajar dibekali sejumlah materi dari dosen-dosen yang handal dari Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNITA dan masing-masing narasumber memaparkan materinya.

Adapun materi yang dibawakan oleh Ketua Prodi Dr Tanggapan dan Dosen Mariati Saragih SPd MPd dengan tema “Cara Mengerjakan Tes Skolastik”. Kemudian, Dosen Ipan Sihite SPd MPd dan Berliana Simanjuntak SPd MPd membawakan materi tentang “Mengenal Tes Skolastik”.

Selanjutnya, Dosen Sannur Sinaga SPd MPd dan Dosen Erlinawati Situmorang SPd MPd membawakan materi tentang, “Urgensi Literasi dalam Dunia Pendidikan” serta Dosen Drs Leben Pangabean MPd dan Sekretaris Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia Kaleb E Simanungkalit SPd MPd membawakan materi tentang “Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Industri 4.0”.

Di bagian lain, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pollung, Drs Nelson Tambunan MM dalam sambutannya berharap kolaborasi antara SMA Pollung dengan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNITA terus berlanjut dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat lainnya agar kualitas SDM di wilayah tersebut mampu bersaing di kanca Nasional bahkan Internasional.

Usai pemberian materi dari masing-masing narasumber, tim Abdimas mengumumkan pemenang lomba hasil tes skolastik. Kepada pemenang, tim Abdimas memberikan piagam, sertifikat dan hadiah berupa uang tunai. Juara I diraih oleh Eunike Purba, juara II Willy Alvares dan juara III Christofer Samuel Okky Lumbanbatu.

Sumber : Harian SIB

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *